Kamis, 19 Februari 2015

Narsis Apa Sih?

Narsis. Sudah menajdi tren saat ini. Rasanya kalau ngga narsis, jadi mati gaya. Tau ga sih? Arti Narsis? Berikut hasil penacarian untuk kata Narsis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Wikipedia Indonesia dapat memiliki arti sebagai berikut:

Versi KBBI. Jika kita menggunakan situs KBBI sebagai acuan kita untuk mendapatkan arti dan pemahaman mengenai sebuah kata dalam bahasa Indonesia, maka kita akan diberi 3 (tiga) pilihan kategori ketika akan melakukan pencarian terhadap sebuah kata dasar tertentu. yaitu : Sama dengan, Diawali dan Memuat. Saya juga menggunakan ketiga kategori tersebut untuk melakukan pencarian.

Kata "narsis" : Berikut adalah hasil dari pencarian arti kata narsis di situs KBBI dengan menggunakan kategori Sama dengan, Diawali dan Memuat menghasilkan 1 (satu) result yang arti dan isinya sama.

nar-sis n 1 tumbuhan berbunga putih, krem atau kuning, terdapat di daerah subtropis; Amarylidaceae; 2 bunga narsis. nar-sis-me n 1 hal (keadaan). mencintai diri sendiri secara berlebihan; 2 hal (keadaan) mempunyai kecenderungan (ke inginan) seksual dng diri sendiri. 

Sedangkan menurut Wikipedia, Narsisisme adalah sebuah tindakan seseorang dimana ia sangat mencintai dirinya sendiri. Istilah ini pertama kali digunakan dalam psikologi oleh Sigmund Freud dengan mengambil dari tokoh dalam mitos Yunani, Narcissus, yang dikutuk sehingga dia mencintai bayangannya sendiri di kolam. Tanpa sengaja dia menjulurkan tangannya, sehingga dia tenggelam dan tumbuh bunga yang sampai sekarang disebut bunga narsis.

Sifat narsisisme ada dalam setiap manusia sejak lahir, bahkan Andrew Morrison berpendapat bahwa dimilikinya sifat narsisisme dalam jumlah yang cukup akan membuat seseorang memiliki persepsi yang seimbang antara kebutuhannya dalam hubungannya dengan orang lain. Namun apabila jumlahnya berlebihan, dapat menjadi suatu kelainan kepribadian yang bersifat patologis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar