Jumat, 01 Agustus 2014

Blontea, Teh Melati Asli Solo

Tradisi minum teh sudah lama menjamur di Indonesia, bahkan sebelum masyarakat menyukai kopi, minum teh sudah menjadi kebiasaan dalam sebuah perjamuan. Kali ini, teh yang akan kita kenalkan adalah Teh Asli Solo, yaitu Blontea. 

Blontea adalah salah satu oleh-oleh khas Solo yang layak dicoba. Blontea adalah ramuan teh yang terdiri dari berbagai jenis teh yang kemudian dicampur dengan kadar masing-masing, agar bisa menghasilkan sebuah cita rasa teh yang harum dan kental ciri khas teh Solo. Adalah Blontank Poer yang memproduksi teh Blontea ini. Pria yang tiap hari suka motret dan ngetuit ini awalnya hanya sekadar coba-coba. Namun, ternyata respon dari publik luar biasa, jadilah ia menekuni bisnis teh yang kini telah terkenal di mana-mana.

Awalnya Blontea ini dinamakan TehPokil, yang dalam bahasa Jawa kata pokil berarti Curang. Terinspirasi dari tradisi ala Jayengan — pembuatan teh dengan cara mengoplos di kampung-kampung di Solo — Blontank Poer kemudian mencoba mengimplementasikan keahlian yang sudah ditekuninya sejak kecil dengan mengoplos teh dari berbagai jenis dan merk untuk menghasilkan teh yang dahsyat.

blontea
Kemasan Blontea untuk dijual di Kopitiam Oey

Uniknya, pada awal perkenalannya, Blontea ini dipasarkan lewat Twitter yang kemudian dicoba oleh teman-temannya sendiri, dan ternyata semua merasa cocok. Waktu terus berjalan dan nama Blontea mulai naik daun. Sekarang ini, Blontea sudah menjadi menu minuman di seluruh outlet Kopitiam Oey di seluruh Indonesia dengan nama Teh Blontang. Blontea juga sudah terbang jauh ke benua Eropa dan telah dinikmati oleh kawan yang bermukim di Manchester. Maka lantas ada yang bilang “Blontea, terkenal sedjak ramai di Twitter”. Pengen mencoba Blontea? Monggo langsung mention ke Twitter @blontankpoer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar