Jumat, 01 Agustus 2014

Cara Membuat Es Ketan Tape Hitam

Es Tape Ketan Hitam

Tapai atau tape adalah kudapan yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan pangan berkarbohidrat sebagai substrat oleh ragi. Di Indonesia dan negara-negara tetangganya, substrat ini biasanya umbi singkong dan beras ketan. Ragi untuk fermentasi tapai merupakan campuran beberapa mikroorganisme terutama fungi (kapang dan jamur), seperti Saccharomyces cerevisiae, Rhizopus oryzae, Endomycopsis burtonii, Mucor sp., Candida utilis, Saccharomycopsis fibuligera, dan Pediococcus sp, namun tidak tertutup kemungkinan jenis lain juga terlibat.

Tapai hasil fermentasi dengan ragi yang didominasi S. cerevisiae umumnya berbentuk semi-cair, lunak, berasa manis keasaman, mengandung alkohol, dan memiliki tekstur lengket. Produksi tapai biasanya dilakukan oleh industri kecil dan menengah. 




Jenis Tapai 

Tapai Singkong ini adalah tape yang terbuat dari Bahan Dasar Singkong makanan ini sangat mudah didapat saat kita berada di daerah Bangung atau di daerah Jawa Barat lainnya, namun umumnya Tape Singkong ini berada Di Daerah Bandung, masyarakat Sunda sendiri sering menyebutnya Peyeum Bandung. 



Tape Uli Tape ini terbuat dari Beras ketan, dan ada juga yang terbuat dari Beras Ketan Hitam, makanan ini akan mudah kita jumpai di Daerah Sunda Seperti Di Jakarta Bandung Cianjur Sukabumi atau bahkan di daerah lainnya diluar Pulau Jawa. 


Peyeum/Tape ketan hitam makanan ini sangat sulit didapat ditempat umum, biasanya masyarakat Sunda. Membuat peyeum pada saat-saat tertentu, Seperti Nikahan, SyukuranPeyeum ini rasanya manis, yang terbuat dari ketan hitam yang difermentasikan dengan Ragi. akan sangat mudah kita jumpai di Daerah Cianjur, Sukabumi, Banten, Bandung, dan daerah lainya di Jawa Barat.


Nah, sekarang enaknya tapai tersebut diolah menjadi minuman yang segar, seperti Es Tape Ketan Hitam. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangatlah mudah ditemukan bahkan di pasar tradisional maupun supermarket. 

BAHAN:
300 cc tape ketan hitam
1 liter santan
1 sdt garam
2 lembar daun pandan

PELENGKAP:
2 butir kelapa muda, kerok
5 mata nangka, iris dadu 1 cm
300 cc sagu mutiara siap pakai
300 cc sirup vanili, warna putih
Es serut secukupnya

CARA MEMBUAT:
1. Didihkan santan dengan daun pandan dan garam, aduk rata, angkat,
dinginkan.
2. Penyajian: siapkan gelas, tata kelapa muda, nangka, sagu mutiara
siap pakai, dan tape ketan hitam.
3. Tuangkan santan dan tambahkan dengan sirup vanili.

Mudah kan cara membuatnya... sudah siap bikin sendiri di rumah? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar