Jumat, 01 Agustus 2014

Cara Membuat Cold Brew Tea

Yang kita tahu, menyeduh teh biasanya dengan air panas. Namun, sekarang ini Anda juga bisa membuat teh dengan memakai air dingin. Tak percaya? 



Membuat teh menggunakan air dingin merupakan teknik terbaru dalam menyajikan teh. Teknik ini disebut cold brew tea. Cold brew tea adalah sebuah proses menyeduh teh dengan memakai air dingin, dan itu menghasilkan rasa yang enak. 

Teknik cold brew tea kerap kali dipakai pada minuman kopi. Teh pun bisa diolah dengan teknik tersebut, tapi memang tidak semua teh bisa digunakan. Umumnya, teh yang cocok memiliki rasa manis, bukan pahit, dan aromanya sudah wangi.
 

Teh yang bisa dipakai adalah teh olong Indonesia, Taiwan, China, juga bisa green tea dari pucuk daunnya, rasanya segar sekali. Karena tidak memakai air panas, maka aromanya hanya akan muncul perlahan. Pasalnya, proses pembuatannya membutuhkan waktu hingga berjam-jam. Teknik cold brew tea bertujuan mendapatkan aroma teh, bukan rasa manisnya. Kalau di cold brew, aroma tidak sekuat hot brew sebab aroma akan keluar ketika sudah kontak dengan air panas. Tetapi karena berjam-jam, rasanya lebih instan. 

Lalu, bagaimana membuat teh dengan memakai air dingin? Cold brew memakai satu liter air dengan satu sendok makan teh. Masukkan ke dalam kulkas selama empat jam. Jika sudah terekstrak secara keseluruhan, maka teh harus disaring.


Let see >> 
http://www.youtube.com/watch?v=S2Z3MtHqVNo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar