Jumat, 01 Agustus 2014

Cara Menyeduh Teh

Menikmati minuman dari daun teh sudah menjadi keseharian bagi sebagian orang. Apalagi dengan beragamnya jenis teh serta manfaat kesehatan dan kebugaran yang dicari banyak orang membuat teh sangat populer. Namun, minuman dari tanaman yang berasal dari Asia ini sebenarnya harus diperlakukan dengan cara yang tepat agar khasiatnya tak hilang, apalagi memunculkan efek negatif pada peminumnya.


Cara menyeduh teh yang benar adalah dengan takaran 1 cangkir dengan air 250 cc untuk 1 sendok teh daun teh. Namun jumlah daun teh ini bisa ditambah sesuai selera. Kemudian, jangan menyeduh teh menggunakan air mendidih atau bahkan merebus daun teh bersama air, karena dengan demikian antioksidan dalam daun teh akan rusak jika berada di suhu 100 derajat celcius. Kalau merebus air, setelah itu tunggu dulu 15 menit sampai temperatur turun ke 80-85 derajat celcius, lalu bisa diminum 3-4 menit kemudian.
 
Teh yang sudah diseduh harus dihabiskan dalam sekali minum saja, jangan dibiarkan di meja atau kulkas untuk diminum kemudian. Semakin lama , warna teh akan semakin menghitam akan teroksidasi. Demikian pula jika mengkonsumsi teh yang siap minum (instan), sekali kemasannya dibuka maka harus dihabiskan dalam sekali konsumsi.  Jika ingin minum teh sore hari selain pagi, maka seduhlah kembali daun teh yang baru. Wadah yang paling mana untuk menyeduh teh adalah dari bahan kaca atau stainless steel.



Cara lain untuk membuat teh, adalah dengan cara cold brewing. Daun teh dimasukkan ke dalam poci sekali tuang, bahan stainless steel, atau wadah yang tidak transparan. Tanpa memerlukan air panas, dengan cara ini daun teh diberi air dingin, kemudian dimasukkan ke kulkas bagian bawah selama 3-4 jam. Dengan cara cold brewing, maka dalam minuman teh yang dihasilkan, zat antioksidannya lebih terjaga. Jika ingin menambah gula, dalam sehari harus dihitung semua gula terkonsumsi sebanyak 2 sendok makan saja. Pada basis 2000 kalori untuk orang rata-rata, 2 sendok makan gula sama dengan 28 gram kalori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar